Header Ads

LAZISMU DIY Lakukan Audit Keuangan 2023: Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan ZIS



Yogyakarta – Sebagai bentuk tanggung jawab dalam pengelolaan dana Zakat, Infaq, dan Shadaqah (ZIS), LAZISMU DIY kembali melakukan audit laporan keuangan tahun buku 2023. Audit ini berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 12 hingga 15 Agustus 2024, bertempat di Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY.

Acara pembukaan audit dihadiri oleh Tim Auditor dari Abdul Hamid dan Rekan, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Badan Pengurus LAZISMU DIY, Badan Pengurus Lazismu se-DIY, serta peserta dari kantor-kantor Lazismu yang teraudit. Beberapa peserta lainnya juga bergabung melalui Zoom Meeting.

Ketua LAZISMU DIY, Jefree Fahana, S.T., M.Kom., dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada KAP Abdul Hamid, PWM DIY, dan seluruh Kantor Layanan LAZISMU serta Badan Eksekutif, baik di wilayah maupun daerah, atas dukungan penuh dalam menyukseskan kegiatan audit ini. Ia berharap audit tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Jefree juga menjelaskan bahwa audit tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini dilakukan konsolidasi laporan keuangan di tingkat daerah dan wilayah, sehingga proses audit tidak lagi memerlukan kunjungan ke kantor-kantor layanan seperti tahun lalu, meskipun ada inquiry (konfirmasi pertanyaan) yang bisa disampaikan dengan baik.

Ia menambahkan bahwa audit tahun buku 2023 diikuti oleh 102 Kantor Layanan LAZISMU se-DIY, jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Syamsul Bahri, CPA., dari Kantor Akuntan Publik (KAP), memberikan apresiasi atas penerimaan auditor dalam rangka pemeriksaan dan pelaksanaan saran-saran yang telah diberikan pada tahun-tahun sebelumnya. "Ini merupakan tahun ketiga kami melakukan audit di LAZISMU secara nasional, khususnya di DIY. Kami berharap audit ini lebih efektif dan memberikan gambaran yang utuh. Kami juga menghargai kebijakan wilayah dan daerah yang telah mengikuti saran kami," jelasnya.

Sementara itu, Prof. Ariswan M.Si., DEA., Wakil Ketua PWM DIY, menyampaikan terima kasih kepada KAP atas pendampingan yang diberikan. Ia juga berharap bahwa LAZISMU semakin terpercaya dan meningkatkan kinerjanya di masa depan. "Semoga sistemnya semakin mapan dan kinerjanya semakin baik," ujar Ariswan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.